UKM Go Online with Google | Gapura 2015 Surabaya

01.40 DETIK INI 0 Comments

Google Indonesia | Gapura 2015
Google Indonesia

Google Indonesia mengadakan sebuah Event besar yang dikemas dalam acara GAPURA 2015, Gelaran rangkaian lokakarya GAPURA kali ini merupakan tahun kedua berlangsungnya program yang digagas Google Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), SMESCO dan pemerintah lokal setempat.
Start your online Business Now | Gapura 2015 | Google Indonesia
Gapura 2015
Acara Gapura ini merupakan kesempatan besar untuk para pelaku UKM dan usaha menengah agar bisa mengoptimalkan dan terjun secara bersamaan keranah online.

"Google sangat senang bisa mengadakan acara ini untuk kedua kalinya dan kami berharap akan lebih banyak pelaku bisnis lokal yang bisa hadir tahun ini, sebab ini kesempatan besar bagi pemilik bisnis kecil dan menengah untuk mencari tahu informasi penting yang dapat membantu bisnis mereka terus berkembang," kata Shinto, yang juga merupakan salah satu pembicara dalam rangkaian GAPURA.

Berdasarkan data riset dari Access Markets International (AMI) pada tahun 2013 terdapat sedikitnya 55,2 juta UKM di Indonesia, namun hanya tercatat 75.000 UKM saja di antaranya yang memanfaatkan internet.
Padahal 4,6 juta pengguna internet di Indonesia aktif melakukan transaksi belanja daring.

Dalam acara Gapura ini, salah satu materi yang disampaikan adalah memanfaatkan kehadiran teknologi untuk dunia bisnis melalui web, mobile, dan aplikasi.

Tanggal 18 April 2015 lalu saya di undang secara exclusive oleh Google Indonesia untuk mengikuti serangkaian acara Gapura 2015 yang di adakan di Surabaya, tepatnya di Gedung Pemerintah Kota Surabaya, Ruang Sawunggaling Lt. 6, Jln. Jimerto No. 25-27. saya dengan istri tercinta yang mendapat refferal dari saya menghadiri acara tersebut. hanya ada beberapa saja peserta yang dari pulau madura, sekitar 8 orang saja 2 orang dari kota Pamekasan yaitu saya dengan istri saya, dan 6 orang lainnya teman-teman pelaku UKM dari kota Bangkalan. 

Acara Gapura 2015 ini sangat membantu sekali bagi saya terutama buat bisnis istri saya yang selama ini hanya berbisnis via BBM saja. sudah online sih tapi belum Go Online. seperti cargon yang dimiliki Google sendiri yaitu "Go Online with Google". pada acara Gapura ini ada banyak pemateri yang di siapkan oleh teman-teman Google Indonesia untuk memberikan pencerahan bagi para pelaku bisnis kecil atau menengah agar segera terjun ke ranah bisnis Online. inilah serangkaian acara Gapura 18 April 2015 lalu.
Jadwal kegiatan Gapura 2015 surabaya
Rundown
Itulah susana saat acara Gapura 2015, para pelaku UKM baik yang di undang secara Offline atau Online semua berbaur pada saat Registrasi peserta. 

untuk sesi pertama mengenai bagaimana mengoptimasi web dan mobile site untuk bisnis kita, Ricky Tjok menjelaskan dengan detail mengenai hal tesebut. membuat para pelaku bisnis sumringah saat itu, seperti dapet orderan banyak gtu deh. karena mendapatkan ilmu yang sangat mahal itu. 

Pada panel acara kedua ini lebih seru lagi karena tidak hanya satu pembicara, ada beberapa pembicara sekaligus, yang membuat kita paham The Formula Of E-Commerce Setup. dan pembicara itu adalah Lindawati: Anggota Bidang Perencanaan & Perancangan idEA, Andreas Aditya Swasti: Head of Operation, DOKU MyshortCart 

Begitu juga pada panel ke tiga ini ada Septian Alfa Susilo: CEO Roosevelt, Karin & Andrea: Owner La Reia Cake & Co dan Wahyu Adji Setiawan: Owner Evrawood sebagai pembicara yang disiapkan oleh Google Indonesia

Giliran Jennifer Arif, Digital Account Manager, Google menjelaskan bagaimana cara agar bisnis kita terindek oleh Google. dengan menggunakan layanan Google Bisnisku bisnis kita akan lebih mudah terindek di pencarian google, bukan cuma itu dengan Google Bisnisku lokasi bisnis kita dapat ditemukan sehingga para pembeli kita lebih mudah menemukan lokasi toko kita meskipun dipelosok sekalipun. sudah tau belum bagaimana jika kita menggunakan layanana Google Bisnisku? jadi kalo kita menggunakan layanan ini toko kita akan muncul di halaman google di samping kiri, lengkap dengan peta lokasi, alamat lengkap, no.tlpn dan juga gambar dari toko kita. contohnya seperti ini.
Google Bisnisku
Contoh layanan Google Bisnisku

Jadi tunggu apalagi, segera gabung dan kabarkan tentang bisnis anda menggunakan Google Bisnisku sekarang juga.
dan ini adalah sesi terakhir, Dennis Adishwara: CEO Layaria mengajarkan kita bagaimana cara promosi menggunakan video, tak cuma itu mas dennis juga bersedia membuatkan video tentang bisnis kita, sepetinya Gratis... atau langsung saja hubungi mas Dennis atau Layaria

Acara telah usai, semua pemateri sudah mencurhatkan semua ilmunya. Terima Kasih Google Indonesia. eh.. belum.. masih ada ibu wali kota Surabaya ( Tri Rismaharini ) wali kota paling gokil menyampaikan sedikit pesan kepada para pelaku bisnis Surabaya dan sekitarnya termasuk Madura donk. bahwa terjun ke ranah Online itu sangat bermanfaat sekali. bahkan kata bu Risma semua pemerintahan di surabaya itu sudah Online semua, dan itu sudah lama sekali, itulah salah satu alasan kenapa surabaya selalu mendapat penghargaan Internasional. keren kan? mari kita sesegera mungkin untuk mengonlinekan bisnis kita. Gapura Go Online with Google.
Foto Gapura 2015
Acara Gapura bersama Google Indonesia





Baca juga tulisan ini

Post Comment

0 komentar: