Sate Madura kuasai kuliner di Kota Samarinda

11.21 berri anam 2 Comments

Madura adalah salah satu pulau yang sangat terkenal dengan penghasil Garam terbaik, selain itu Madura juga dikenal dengan Budayanya yang masih kental, tempat Wisata yang juga masih Asri dan Aneka kuliner yang tidak kalah enaknya dengan kuliner di Kota-kota lain.
Salah satunya Soto Madura dan Sate Madura. Ngomongin masalah kuliner itu adalah salah satu hobiku, satu-satunya kuliner yang aku suka adalah Sate. Tapi harus Sate Madura, karena kalau Sate Madura lebih terasa nikmat dengan bumbu kacang racikan khas madura dengan rempah-rempah pilihan yang masih di olah dengan cara tradisional (tanpa bantuan mesin).

sate madura

Disini saya akan bercerita tentang salah satu kuliner khas Madura yang sudah merajai Pujasera (Pusat Jajanan Selera Rakyat) di Kalimantan Timur Kota Samarinda. Yaitu Sate Madura Pamekasan milik H. BUSTOMI yang dikenal sangat enak. Warung H. Bustomi sudah berdiri selama 40 Tahun yang awalnya dimulai dengan jualan Sate Madura keliling ke komplek-komplek rumah di Kota Samarinda, hingga akhirnya mengontrak salah satu rumah untuk dijadikannya warung yang berlokasi di Jalan P. Suryanata RT.57. Graha Indah Samarinda.
Dari perjalanannya di dunia kuliner H. Bustomi sudah membuka beberapa cabang di Kota Samarinda yang di kelola langsung oleh Anak-anaknya. Di antaranya adalah Warung Sate Madura Pamekasan di Jl. Simpang 4 Air Hitam samping Hotel Bone Samarinda dan Warung Sate Putri Kembar di Jl. P. Suryanata  Palima Samarinda.

Dari ketiga warung tersebut sate yang dijual tentu sama, yaitu kuliner khas Madura dengan varian sebagai berikut:
  1. SATE AYAM
  2. SATE KAMBING
  3. GULAI KAMBING
dari ketiga varian kuliner yang dijual oleh H. Bustomi dan Anak-anaknya ini juga menerima pemesanan seperti untuk acara-acara besar, misal Tasyakuran, Pernikahan, Khitanan, Aqiqah dan acara-acara besar lainnya.

sate madura

Sedangkan untuk varian harga dari sate dan gulai adalah sebagai berikut
  1. Sate Ayam : 10 tusuk 1 porsi = 15.000 + Lontong/Nasi = 20.000
  2. Sate Kambing : 10 tusuk 1 porsi = 25.000 + Lontong/Nasi = 30.000
  3. Gulai Kambing = 20.000 1 porsi
Sampai artikel ini ditulis Warung Sate milik H. Bustomi ini sudah memiliki pelanggan lebih dari 800 pelanggan dari kota samarinda dan juga kota-kota tetangga, terbukti dari ayam yang dipotong oleh pemilik warung sate ini bisa mencapai lebih dari 15-30 ekor setiap harinya. Selain itu lokasi yang sangat strategis dan kondisi warung yang sangat nyaman dengan diiringi lagu-lagu khas Madura. para pelanggan sangat merasa nyaman dengan pelayanan yang sangat diperhatikan. 

Tunggu apalagi, buat kamu yang memiliki hobi yang sama dengan saya tidak ada salahnya untuk nyobain kuliner khas madura yang satu ini apalagi sate madura milik H. Bustomi. kalau boleh saya bilang ini sate luar biasa maknyus.

Baca juga tulisan ini

2 komentar: